Cara Adaptasi di Teknik Informatika

5:52 AM
Apakah Prodi Teknik Informatika bisa untuk semua kalangan sekolah ?



Banyak presepsi bahwa kuliah IT itu sangat rumit, baik dari materi maupun coding. banyak pertanyaan adik kelas tentang bagaimana kuliah IT, "Kak, susah ga pelajarannya, sma bisa masuk ga ?" , "Kak, IT ntar ada matematikanya gak ?", "Kak, IT banyak mahasiswa ceweknya ga ?". Dan jawabannya sangat lah mudah, "Jika lu pada niat di TI, lu harus bisa adaptasi!!!". Disini saya sendiri akan memberi tips gimana caranya adaptasi dengan materi Teknik Informatika.


1. Menyukai Kerumitan


Pada dasarnya Teknik Informatika adalah sekumpulan angka dan sintaks, dan di beri beberapa perhitungan matematika dan penalaran logika. Memang cukup rumit, namun jika anda sekalian memang menyukai hal rumit permasalahan ini sangatlah mengasyikan, lebih rumit maka akan lebih tertantang.

2. Rajinlah Berinternet

"Rajin kok main internet rajin ya belajar." semua orang tua pasti akan bilang begitu jika mengetahui anaknya sering internetan (kewarnet/di gadget). namun hal inilah yang sangat berguna dalam adaptasi karena kita tau sendiri Teknik Informatika itu sendiri adalah ilmu universal, semua sudah di setarakan patokan ilmunya, semua ada di internet jadi bagaimana kita pinter-pinter mencari referensi baik modul ataupun video tutorial.

3. Gunakan Sosial Media untuk Mencari Teman seHobi


Sosial media adalah kebtuhan primer saat ini, semua kalangan bisa memakainya begitu juga anda. Nah gunakan sosial media untuk mencari teman seHobi, atau sama jurusan yaitu Teknik Informatika. karena kita adalah mahluk sosial pasti membutuhkan pertolongan. Selain mencari teman, kita juga bisa masuk ke grup di sosial media untuk sharing ilmu.

4. Bacalah Semua Informasi/Berita

"Kenapa semuanya kak ?, emang penting kalo anak TI baca berita tentang tata boga, sepak bola, dan sebagainya yang berlawanan dengan jurusan kita ?". Nah ini dia masalah terpentingnya yaitu pengetahuan umum, kita sebagai cikal bakal programmer haruslah bisa berpikir universal, karena untuk apa ilmu informatika bila tidak di barengi dengan perkembangan hal lainnya.


5. Jangan Takut Salah, Teruslah Mencoba

Logikanya, Semua jalan pasti ada jalan beloknya, begitu juga program pasti ada salahnya. Jadi kesalahan pada pembuatan program adalah hal lumrah, janganlah panik dan langsung bertanya ke dosen anda yang sudah pasti bisa, coba cari dulu dimana kesalahan anda, jika masih bingung cari dulu di internet dimana semua ilmu ada disana. Kalau sudah mentok barulah bertanya. Eitsss.. sebelum bertanya lebih baik siapkan banyak pertanyaan, karena sangat disayangkan jika ilmu dari dosen hanya kita ambil sedikit saja.


6. Teman Adalah Pegangan


Ini juga menjadi faktor penting mengingat kita masih banyak mempunyai teman yang sama memilih jurusan ini, jadi banyak yang bisa basicnya juga karena mereka lulusan SMK terutama jurusan RPL. Jangan jadikan teman anda nganggur karena kita saling membutuhkan.


Last
JANGAN TAKUT TIDUR MALAM.
Barang siapa yang bangun tengah malam, bisa dipastikan dia adalah programmer, bisa juga orang yang taat beragama.

Namun satu hal yang sangat penting untuk adaptasi di prodi Teknik Informatika adalah "NIAT" karena jika hanya melakukan hal-hal di atas tanpa adanya niat yang pasti untuk bisa itu sama saja, memang ngomong itu gampang tapi saya sudah melakukan hal tersebut selama ini agar bisa beradaptasi pada prodi ini, dan bisa mengikuti kegiatan perkuliahan seperti layaknya anak RPL yang memang sudah mempunyai basic nya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔